Home » » Tajil Segar Dengan Mangga dan Kiwi

Tajil Segar Dengan Mangga dan Kiwi

Written By Efi Fitriyyah on Monday, June 6, 2016 | 6:42 AM

Hai,  gimana puasa hari pertamanya?  Buka puasa di luar atau di rumah?  Kalau buka di rumah, biasanya di hari pertama kayak gini menunya spesial. Ga harus mahal sih sebenernya. Tapi batasan murah dan mahal tiap orang ga bisa dipukul rata,  yes. Buat saya sup buah buatan sendiri ini udah cukup buat tajil. Enak,  segar, dan mudah bikinya. Budget?  Ga terlalu mahal.
http://www.smoothieslover.com/2016/06/Tajil-segar-dengan-mangga-dan-kiwi.html

Kalau memerhatikan timeline sosmed hari minggu kemarin,  saya liat orang-orang segitu rempongnya belanja buat kebutuhan puasa nanti.  Saya?  Selow-selow aja. Pulang ngaji bareng temen melipir ke fast food buat cicipin pizza dengan modis.  Iya modal diskon pake pocer hehe.  Nambah dikit, sih :).

Ga sehaaat makan junk food, Fi. 

Iya,  tau.  Tapi kan ga tiap hari.  Anggap aja munggahan ala-ala saya hehe.  Lagian buat minumnya pun saya milih teh,  bukan soft drink.  Jadi ga terlalu gimana gitu. Lagian saya pengennya jus ga ada di menunya huehehe. Yasud lah.

Ngomong-ngomong soal jus,  saya lebih seneng bikin sendiri daripada beli.  Lebih murah dan sehat. Iyalah,  sejak setahun terakhir ini saya tuh kalau buat jus atau smoothie ga pernah ditambahin gula.  Awalnya aneh emang,  tapi lama-lama terbiasa. Dan buah yang paling saya suka buat dijadiin jus atau salah satu komposisi buat bikin smoothie adalah mangga!
http://www.smoothieslover.com/2016/06/Tajil-segar-dengan-mangga-dan-kiwi.html

Duh,  saya kangen berat sama buah ini. Sudah berapa bulan gitu hiatus. Then,  it's back again. Yipiii.  Eh tapi,  biasanya sih emang saban bulan puasa buah ini selalu hadir.  Alhamdulillah.

Meskipun distribusinya belum banyak dan masih susah ditemui di pasar tradisional,  kemunculannya kembali mangga ini bikin saya hepi pake banget. Sabtu kemarin, saya beli mangga cengkir di supermarket Y***a seharga Rp.  17.000an! Buat harga perdana di swalayan sih kebilang murah, dong. Belum semuanya ranum tapi dengan menekan sedikit teksturnya,  dapat deh beberapa biji yang siap disantap.

http://www.smoothieslover.com/2016/06/Tajil-segar-dengan-mangga-dan-kiwi.html

Kadang  bisa nemu juga di tukang buah potong, cuma biasanya masih mengkel dan kecut.  Ah yang begini kan cocoknya dijadiin rujak atau dicocolin ke bubuk cabe (aduh,  ngaruy ini mah jadinya alias ngeces).

Sebelum saya semakin ngaco,  saya mau berbagi resep bikin sup buah dengan mangga. Kalau sama-sama penganut quick cook (mari toss-tossan dulu)  resep ala-ala saya gampang diconteknya.

Bahannya:
1 buah Mangga yang matang
1 buah Kiwi
1 air kelalapa plus dawegannya kira-kira 300 ml
2 buah Jeruk peras
Es batu secukupnya

Kupas Mangga dan Kiwi lalu potong sesuai selera.  Campurkan dengan bahan lain.  Segar dan manisnya bisa kita dapatkan dari jeruk peras.

Dalam waktu kurang lebih 5 menit,  menu tajil sup buah ala-ala ini siap disantap. Tentu saja setelah adzan maghrib berkumandang,  ya. Jangan mencuri start karena puasanya bisa kena diskualifikasi.


SHARE

About Efi Fitriyyah

23 comments :

  1. segar, sehattt, pelepas dahaga pula, ini yang saya cari, jadi gak sabar menunggu berbuka

    ReplyDelete
  2. aiiissss bikin ngaruy segernya. cap cus belanja ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siang ini belanja ke pasar jangan lupa nyari mangga ya, teh :)

      Delete
  3. Wah..ini mah bisa kilat buatnya dan sekejap habisnya..hi..hi..
    Anak saya pasti seneng kalo dibuatin takjil ini. Mangga itu buah favoritnyah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiiik. JAdi ga uah lama-lama nguplek d dapur ya, mak. Gampang bikinnya dan semuanya suka. Salam sesama mango lover buat anakmu, mak :)

      Delete
  4. Toss Mak! Bulan puasa ini aku juga syantai aja, gak belanja macem2. Malahan hemat cuma masak sekali pas buka sekalian buat sahur. Haha!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi asik ada temen yang ga suka ribet masak (bilang aja males :D)

      Delete
  5. waaah mangganya kliatan manis bgt mbak ;).. kalo udh bgitu sih, aku lbh seneng makan lgs buahnya drpd di jus ato smoothies ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya enaknya dikunyah langsung. Sesekali buat variasi bikin es buahnya kayak gini juga ya, Mbak :)

      Delete
  6. aduh enak dan segarnya cocok buat uadra panas di cirebon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau udah malem Cirebon masih panaskah, mbak? Ayo cari mangganya dan bikin, biar ga ngeces terus.

      Delete
  7. Ya ampun mak..pagi pagi baca ini bikin gak sabar denger azan magrib

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ampun mak. Jangan marah sama aku, kalau dirimumu jadi ngeces :D

      Delete
  8. Ini pasti segernya kebangetaaann hahhaha asik ah coba cuma mangga neh susah cari yg manisss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget, mak haha. Semoga nemu mangga yang manisnya, mak.

      Delete
  9. Oala....saya ini tadi salah masuk blog kayanya...
    Terlalu pagi untuk ngomongin ta'jil.
    Segernya pasti bikin ga mau berhenti makan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang aja, mbak. Ini manisnya alami, ga ada bahan-bahan tambahan yang sifatnya kimia. Jadi aga akan feeling guilty kalau makannya rada banyak hehehe

      Delete
  10. Akkkhhh jam segini baca ginian, :(
    makasih ya resep nya mba... :D seger banget kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi bookmark aja dulu, mbak. Nanti jam sorean mampir lagi buat nyontek cara bikinnya.

      Delete
  11. Kalau mangganya saya pernah coba tapi kalau kiwi saya belum pernah coba mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. CObain Kiwinya, enak dan segar. Meski emang cukup mahal hehe

      Delete
  12. aaa seger banget mba efi, pengen bikin ah buat buka ntar sore. makasih yaaa resepnyaaa...

    ReplyDelete