Home » » Smoothie: Cara Menikmati Raw Food Tanpa Tersiksa

Smoothie: Cara Menikmati Raw Food Tanpa Tersiksa

Written By Efi Fitriyyah on Sunday, February 21, 2016 | 8:31 PM

Curcol  dulu sebentar yaaa

Beberapa  hari terakhir ini saya punya keluhan  4L. Bukan Lu lagi, Lu  lagi itu. Ini  beda. 4L yang  saya keluhkan adalah...  Lemes, letih, lesu dan lunglai.  Dih,  rempong bener  badan saya  akhir-akhir  ini. Gampang banget  merasa  ngantuk  atau cape.  Padahal enggak  nguli  atau olahraga  angkat barbel,  hehehe..  Tapi, emang  pola makan saya lagi  ngaco. Banyak  banget cheatingnya.   Asupan buah dan sayurnya kurang dari yang dibutuhkan.  No wonder sih  kalau  ngalamin  gini. Giliran alarm tubuhnya  'nyala'  baru deh nyadar. Something wrong  with me.   Oke, kembali ke selera asal  eh pola makan yang bener maksudnya.

Padahal  sekitar  seminggu lalu  baru aja  diingetin dr David soal pola makan yang bener  pas ada acara talkshow  di TSM. Suer, ga nyaman deh  kalau pas bangun pagi  suka pusing atau kadang kepala  terasa cenut-cenut.  Obat warung? Ogah.  Mending saya benerin lagi pola makan saya.  Daan  tiga hari kemarin saya berusaha  kembali ke jalur.  Iya itu tadi banyak  makan buah dan sayur.  Hasilnya lumayan  terasa. I feel fine.  Keluha  ga nyaman itu  ga saya rasakan lagi.  Daaan ngomongin soal  makan sayur dan buah emang bagusnya  dimakan raw alias dikunyah.  Bukan sayur  yang dimasak, karena  kadar  enzimnya bisa  hilang. Beberapa  jenis sayuran emang bisa saya makan  mentah  semacam selada  yag dicocolin ke sambel atau saus tomat atau  mentimun dan tomat.  Beberapa sayuran lainnya?  Errr...  saya malah jadi loading, banyak mikir  hihihi...

Salah satu cara asik mengonsumsi raw food  itu adalah dengan mengolahnya jadi smoothie. Bisa smoothie  buah, smoothie sayur atau campuran keduanya.  Belum bisa makan smoothie  sayuran karena takut  langu? Tenang!  You're not alone.  Beberapa cara  untuk menyajikan smoothie  sayurann agar tetap enak  adalah dengan beberapa cara berikut:
  • Sisihkan batang  dari sayuran, hanya daunnya yang diambil
  • Sebaiknya pilih sayur  organik. Higienis, bebas  pestisida  dan nyucinya juga ga repot.  Ga kan berasa parno pula karena biasanya sayuran seperti  ini udah ga ada ulat  seperti yang kita temui kalau beli di pasar. Lebih terjamin lagi kalau  sayurnya nanam sendiri, sih  :)
  • Tambahkan perasan jeruk lemon (bisa jeruk lemon lokal yang ijo itu atau  jeruk lemon impor  yang kuning cerah menggoda  (((menggoda))).
  • Bisa ditambah dengan susu  almond  atau  kalau  ingin hemat  bisa pakai air kelapa  atau air perasan kelapa (tapi  jangan yang udah dididihkan jadi santan gitu, ya).
  • Tambahkan buah  seperti  mangga, pisang, alpukat  atau nenas  untuk menetralkan rasa langu dari sayuran. Apalagi tambahan  mangga  pisang dan alpukat akan membuat  tekstur  yogurt jadi creamy dan manis alami tanpa harus menambahkan gula putih atau susu  kental. 
Penggunaan  susu sapi  atau susu kedelai tidak disarankan  karena dikhawatirkan sudah terpasar  hormon yang jelas ga sehat buat  tubuh. Eh tapi  kalau  bikin smoothie  buah, sesekali saya masih suka pake yogurt plain, sih hihihi...  
Smoothie  Kaleee, Coy! 

Dan siang ini saya bikin smoothie baru.  Judulnya :
Smoothie Kaleee  Coy

Komposisinya  adalah:
  • 50 gr kailan/kale 
  • 50 gr pakcoy  
  • 100 ml air kelapa  (plus dagingnya)
  • setengah jeruk  lemon,
  • 50  gr pisang  yang sudah dibekukan.  

Komposisinya sih bisa diubah sesuai selera.  Kalau ga ada pisang bisa diganti dengan buah lain. Kepengennya sih pake mangga,  lebih seger. Sayang euym buah yang satu  ini  hiatus dari pasaran. Ya sudahlah,  kita pake aja yang ada, ya.

Hasilnya? Enak dan segar.  Yuk, cobain!
SHARE

About Efi Fitriyyah

22 comments :

  1. Wah toss dulu, Mak sesama smoothie lover. Seneng banget deh mata liat gambar2 smoothi langsung ngiler. Makasih resepnya, Mak. Tar mau juga ah nyobain. ��

    ReplyDelete
  2. Pengen nyoba tapi suka takut rasanya langu, sepertinya harus dibikinin sama teh Efi dulu deh wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti kalau ketemuan aku bikinin. Siapin aja bahannya haha

      Delete
  3. Susu almond beli di mana ya.. Baru tau. Kirain boleh susu sapi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di Supermarket besar atau toko organik biasnya ada, mbak.

      Delete
  4. Enak ya? Pengen coba tapi takut2 penasaran gitu deh hehe..

    ReplyDelete
  5. Ah. Seger kali lihatnya...pengen bikin. Judulnya keren mbak :)

    Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Inggit. Salam kenal juga. Emang seger, lho. Yuk bikin.

      Delete
  6. wow...mantaaffftt dech teeh efi...apalagi pas minumnya siang bolong...bikin ngiler ajee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pasti seger dan sehat. Eh tapi kalau lagi puasa mah jangan dulu, ya. Tunggu pas bedug maghrib nanti :)

      Delete
  7. Hmm ternyata begitu ya, iya nih saya suka gimana gituh kalau mengkonsumsi raw food rasanya tuh nyiksa banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma mindset aja, kitanya keburu ngebayangin yang enggak-enggak dan belum terbiasa. Enak kok kalau tau triknya.

      Delete
  8. langsung bookmark blog ini!, secara saya penggemar buah dan jus/smoothies...

    ReplyDelete
  9. kok si ijo-ijonya bikin ngiler,kak? slurrrpp.. pakee lemon juga yahh, bisa bikin mata keriyep keriyep segerr nihh... menggodaaaaa..... :D

    ReplyDelete
  10. wah kalo saya masih bayem aja nih sayur hijaunyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaa mas makan bayem doang? sayur lain juga atuh.

      Delete