Home » » Resep Smoothie Kangkung Anti Langu

Resep Smoothie Kangkung Anti Langu

Written By Efi Fitriyyah on Thursday, January 7, 2016 | 8:53 PM

Where'd you  go? 
I miss you so
Seems  like it's been  forever
That you've been gone

Ada  yang kangen sama update-dan dari  blog smoothieslover ini?Hehehe... geer  amet,  ya? Well, sejujurnya saya  kangen  banget  udah lama ga  update-in lagi blog saya yang satu ini.  Hiks.... maafkan.  

Ngomongin soal kangen  #tsaaaah  (mentang-mentang weekend),  jangan sampai deh  kita kangen sama tubuh yang sehat kita, kangen sama mobilitas  yang tinggi dan kangen wajah segar kita.  

Lah, apa hubungannya  semua itu sama smoothie?  Ada dong. 

Gini, lho.  Secara  faktor  usia  udah  makin eksis, ga bisa boong lagi kalau tubuh kita makin rempong dan rewel. Mudah cape, mudah lemes, mudah pusing dan keluhan lainnya.  Mau ga mau,gaya hidup kita termasuk pola makan harus dirubah.Ya, kan? Suka atau tidak,  yang namanya makan sayur  dan buah-buahan itu musti, kudu,wajib.  Ga enak  mana coba  kalau udah sakit?  Double  lho. Sakit di badan dan sakit di dompet  karena harus  berobat.  

Jadi setuju dong kalau mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Ah iya, ini emang pepatah  kuno, so oldies tapi  tetap  berlaku, sampai nanti *lalu keluar backsound lagu Kahitna* 

Dari beberapa  literatur dan referensi yang saya baca, yang namanya makan sayuran  itu jauh lebih sehat dimakan mentah. Nutrisi dan gizinya  ga hilang dan lebih optimal diserap tubuh dan mengandung antioksidan yang tinggi.  Benefit  yang paling oke buat tubuh kita dalah menangkal radikal bebas. Semakin tercukupi kebutuhan antioksidan  selain membuat tubuh jadi sehat juga  membuat wajah dan kulit terlihat lebih ehm... muda.  Nah, siapa yang nolak  kalau mau dibilang awet muda?

Dulu saya juga ogah pake males  makan sayuran mentah.  Tapi sinyal  keluhan my body is not delicious  alias ga enak badan itu  akhirnya maksa saya move on.  Ah ya, bukan soal  mantan aja kok ngomongin soal move on. Pola hidup juga hehehe

Beberapa  resep smoothies  udah dishare juga di blog ini, baik yang saya tulis atau oleh Dydie juga. Jadi, lirik aja  ke beranda buat kepoin scroll  lainnya  (modus  banget biar ditongkrongin lama).  Kali ini saya mau kasih resep  smoothie kangkung.  Kangkung yang saya pake kangkung organik, satu ikat (biasanya dikemas dalam plastik) harganya sekitar  3-4 kali  kangkung biasa  yang dibeli di pasar  tradisional.  Soal harga emang lebih mihil  tapi packingnya lebih bersih dan bebas pestisida. Selain itu  ga usah cemas  juga bakalan ada mahluk  kecil berwarna item atau ijo yang suka menggeliat  dan bikin geli atau hisiteris itu.  

Kapan resepnya???

Iya, ini nih.....

Bahan:
  • Daun kangkung  1 cup, sisihkan batangnya (kalau bingung ngukurnya kurang lebih 1/3 bagian dari kemasan)  
  • 1/2 butir jeruk lemon untuk menetralkan rasa langu. Kalau mau rasa  yang lebih segar, bisa pakai 1 butir lemon
  • 100 gram buah mangga (kurang lebih setara 1/2 bagian)
  • setengah  mentimun
  • air mineral  (boleh air biasa)  100  ml.

Caranya:
Cuci bersih  kangkung sebelum  diblender  dan  masukan semua bahan ke dalam blender. Tunggu selama kurang lebih 2-3  menit sampai semua bahan  halus  (jangan lupa  nyalakan  blendernya, ya hahaha).

Kalau mau, bisa juga dikasih tambahan   chia seed atau  buah stroberi  buat topingnya.  Selain bikin penampakan  jadi lucu (hadeuh)  juga bikin rasa enak dan memberi nutrisi  ekstra buat  tubuh. Rasanya? tenang aja,  enggak kerasa  kok dominan kangkungnya. Soalnya  udah dinetralisir sama air lemon dan tekstur creamy dari mangga.  Kalau kurang manis bisa ditambahin madu  (jangan gula). Ga ada madu? Ya udah, minumnya sambil ngaca aja, liat bayangan sendiri di cermin hehehehe... kalau masih maju mundur  (cantik atau ganteng)  nyobain smoothies,  bisa coba bikin smoothie dengan bahan pakcoy, kayak pengalaman pertama saya minum smoothies.


Yuk cobain,  mudah kok.    





SHARE

About Efi Fitriyyah

9 comments :

  1. nyoba ah, tapi suka syerem dengan rasanya hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga kok, ga syerem. Ga ada tanduk sama taringnya :D

      Delete
  2. Belum pernah ngejus kangkug. Takut rasanya horor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Percaya deh, ga horor. Ga ada hubungannya sama vampir :D

      Delete
  3. oalah kangkung bisa juga toh di jadiin smooties mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, Mak. Asal pilihnya kangkung organik ya, Mak. Biar ga parno :)

      Delete
  4. Aihhh ..rasanya gimana ya?? Masih takut minum jus sayur huhuhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak kok, Mak. Beneran. Asal tau rahasianya aja biar ga aneh. Yuk Cobain.

      Delete
  5. waaahh... kangkung pun bisa jadi menyenangkan.. :D baikklaahhh saya sebagai orang yang jarang makan sayur, bisa jadi asupaannn penting nih hahahaha :D *tutup idung sedot smoothie* bau ga kak?

    ReplyDelete